Reuni SMA 413 Setelah Pendemi Covid

Reuni SMA 413 Setelah Pendemi Covid

KOTASORONG.SorongPos.Com,- Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Papua Barat Robert Joppy Kardinal yang juga merupakan alumni SMA 413 yang kini telah berubah menjadi SMU 1 Sorong saat ditemui media ini dan CWM di Mooi Park Kelurahan Saoka Sabtu(4/12) mengatakan bahwa, acara reuni ini dilaksanakan atas inisiatif teman-teman mulai dari angkatan tahun 1977 sampai yang terakhir adalah angkatan 1992. Dimana teman ingin sekali melakukan kegiatan temu kangen,setelah dunia dilanda pendemi covid selama kurang lebih 2 tahun. Kemudian teman-teman tidak bisa bertemu atau tatap muka.

” Jadi mereka menghubungi saya, untuk kita dapat laksanakan kegiatan ini. Saya angkatan tahun 1980 dan teman-teman berinisiatif melaksanakan kegiatan ini dan menggabungkan semua angkatan dan menghadirkan sebanyak banyak alumni dari SMA 413 agar bisa bertemu. Kegiatan ini spontanitas, jadi saya hanya mensuport mereka supaya dapat berlangsung acara reuni,” akunya.

Lebih lanjut Robert yang juga politisi Partai Golkar menjelaskan, bahwa dari kegiatan temu kangen. Dimana teman-teman saling bertukar pikiran baik dalam pekerjaan dan kesehariannya. Bahkan dari temu kangen SMA 413 banyak dapat mengetahui bahwa alumni SMA 413 banyak yang sudah menjadi pejabat maupun mantan pejabat di Provinsi Papua maupun Papua Barat.

Menurutnya mantan pejabat di Provinsi Papua adalah almarhum Gubernur Papua Jaap Solossa, kemudian mantan Sekda Papua Barat Izack Hallatu, selain itu mantan Bupati Sorong Selatan dua periode Otto Ihalauw yang juga tadi hadiri acara reuni, mantan Bupati Kabupaten Sorong dua periode Stevanus Malak, mantan Sekda Kabupaten Sorong. Selain itu Sekda Kota Sorong Yakob Kareth yang hadiri acara reuni.

Banyak yang tidak bisa sebut satu persatu, ada yang datang hadiri acara reuni dari Medan, Jakarta, Merauke dan sebagainya. Jadi banyak sekali sudah menjadi pejabat dari SMA 413, ada yang juga anggota DPRD Kota, Provinsi sampai DPR RI,” tegasnya.

Disamping itu Robert juga mengatakan, karena begitu banyak alumni SMA 413 yang menjadi mantan pejabat atau yang masih aktif menjabat dapat membantu memajukan tanah Papua, dengan saling mengenal dan mengisi satu sama lainnya.

” Harapannya nanti kita akan bertemu kembali, setelah UU Otsus disahkan kemudian peraturan pemerintah¬† sudah turun. Nanti bagaimana dipandu saudara Otto Ihalauw yang ahli di bidang tersebut dan didiskusikan bersama teman-teman alumni, untuk berbuat sesuatu yang terbaik bagi tanah Papua,” urainya.

Selain itu kata Robert sebagai buktinya, telah hadir satu sekolah di Papua Barat yang telah diresmikan oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan yakni sekolah berpola asrama di Manokwari. Dimana lahirnya sekolah ini adalah merupakan gagasan dari ide dari salah satu alumni SMA 413 yaitu Otto Ihalauw yang kini merupakan staf khusus Gubernur Papua Barat.

” Nah sekolah itu dibuat dan persis standarnya seperti SMU Taruna Nusantara di Magelang. Sekolah ini sudah dimulai dan angkatan pertama sudah ada. Saya sendiri datang berkunjung ke kelasnya dan akui bahwa siswanya sangat bagus dan mereka dari tanah Papua ini. Angkatan pertama mereka ini berjumlah 74 orang.

Harapan saya hadirnya sekolah ini, kedepan dapat melahirkan tokoh-tokoh nasional dari tanah Papua khusus Papua Barat. Karena sekolah ini sudah disiapkan, sistim sekolah ini sama dengan SMU Taruna Nusantara. Namanya SMU Kasuari,” imbuhnya. (boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *